Tentang Penyakit TBC

Tuberkulosis (TBC) adalah salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh kuman atau bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini dapat menyerang semua bagian tubuh manusia namun yang paling sering terkena (90%) adalah organ paru. Selain menyerang paru-paru, penyakit TBC juga dapat menyerang organ tubuh yang lain yang disebut juga denan TBC ekstra paru.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bakteri yang menyebabkan penyakit TBC ini muncul merupakan bakteri pembunuh massal. WHO memperkirakan bakteri ini membunuh sekitar 2 juta jiwa setiap tahunnya. Serangan TBC dapat dicegah dengan vaksin BCG. Vaksin BCG hanya diperlukan sekali seumur hidup. Di Indonesia, vaksin ini diberikan pada bayi sebelum berumur dua bulan. Hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari penyait TBC yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan memakan-makanan yang bergizi.

Gambaran penyakit TBC yang disebabkan oleh kuman/bakteri mycobacterium tuberculosis

Gejala umum pada penderita TBC adalah batuk berdahak terus-menerus selama 3 minggu atau lebih. Pada tahap lanjut dapat dijumpai dahak bercampur darah, batuk darah, sesak napas dan rasa nyeri di bagian dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, rasa kurang enak badan (malaise), berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang lebih dari 1 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>