Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC – Penyakit Tbc atau dalam dunia medis di sebut dengan tuberkulosis. Penyakit tbc adalah penyakit infeksi yang terdapat pada saluran pernapasan yang penyebab utamanya adalah bakteri. Dan bakteri yang di maksud adalah baketri basil yang merupakan bakteri yang sangat kuat sehingga sangat diperlukan waktu yang lama untuk mengobati penyakit ini. Umumnya bakteri ini akan lebih sering menyerang dan menginfeksi organ paru-paru sekitar 90 persen di bandingkan dengan bagian tubul lainnya.

Tbc atau tuberkulosis merupakan salah satu penyakit kronis yang menular, sehingga masih menjadi penyakit pusat perhatian dunia. Sampai saat ini juga, belum anda satu negara yang terbebas dari penyakit tbc ini. Selain itu angka kematian dan kesakitan akibat penyakit ini yang di akibatkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis juga sangat tinggi.

Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

Penderita yang terserang oleh bakteri basil tersebut umumnya pada mulanya akan mengalami demam akan tetapi tidak terlalu tinggi yang akan berlangsung lama, dan biasanya akan dirasakan pada malam hari yang disertai dengan keringat malam. Terkadang juga serangan demam seperti influenza ini dan bersifat menghilang dan timbul kembali. Gejala penyakit tbc lain yaitu dengan menurunnya nafsu makan dan penurunan berat badan, selain itu, gejala penyakit tbc lebih dari 3 minggu dapat juga disertai dnegan keluarnya darah, merasakan perasaan tidak enak dan lemah.

Agar anda dapat mengetahui lebih awal mengenai penyakit tbc, anda harus mengetahui gejala penyakiut tbc yang sangat penting untuk anda ketahui.

Gejala penyakit Tbc Utama

  • Pada gejala penyakit tbc yang paling utama di rasakan penderita yaitu dengan batuk yang terjadi terus-menerus dan berdahak selam tiga pekan atau lebih.

Gejala Penyakit Tbc yang Khusus

Gejala tbc yang khusus akan mengalami sesak nafas jika yang terjadi merupakan infeksi pada bagian bronkus. Dan tentunya hal ini terjadi di akibatkan dari tekanan dari kelenjar getah bening.

  1. Akan terasa sakit dada apabila ada cairan di bagian rongga pleura.
  2. Infeksi tulang hingga akan menyebabkan keluarnya nanah.
  3. Dan mengalami penurunan  kesadaran hingga kejang-kejang.
  4. Gejala penyakit tbc yang sering dijumpai antara lain :
  5. Dahak yang keluar bercampur dengan darah atau batuk darah
  6. Sesak nafas dan disertai dengan rasa nyeri pada bagian dada
  7. Meriang atau demam lebih dari sebulan
  8. Akan mengeluarkan keringat pada malam hari tanpa diketahui penyebab yang jelas
  9. Badan akan terasa lemah dan lesu
  10. Selain itu si penderita gejala tbc akan mengalami nafsu makan yang menurun dan juga mengalami penurunan berat badan
Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

Cara yang paling mudah untuk mengatahui orang yang terkena penyakit gejala tbc adalah gejala penyakit tbc yang orang tersbebut mengeluarkan keringat pada malam hari tanpa di ketahui penyebab yang jelas. Walapun tidak bisa langsung di diagnosis bahwa orang tersebut mengalami penyakit tbc, tapi gejala penyakit tbc yang satu ini merupakan suatu pertanda yang sudah jelas bahwa orang tersebut terkena tbc.

Dan jika anda merasakan badan yang lemas, batuk yang tak kun jung berhenti, nyeri bagian dada atau gejala penyakit tbc lainnya, maka segeralah memeriksakan diri anda ke dokter.

Penyebab Infeksi TBC

Pada dasarnya penyakit tbc ini di akibatkan dari infeksi kuman mycrobakterium tuberculosis yang kemungkinan dapat menyerang bagian paru-paru, ataupun menyerang organ-organ tubuh manusia lainnya sebagai contoh, akan menyerah bagian kelanjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang bahkan sampai ke otak.

Selain itu, penyakit Tbc dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya dan penyakit tbc ini merupakan jenis penyakit infeksi yang dapat menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan mempunyai gici yang baik dan juga tubuh yang sehat tidak akan diserang penyakit tbc ini dan bahkan kuman Tbc akan tertidur.

Namun bagi orang-orang yang kondisi tubuh yang tidak sehat, yang mengalami kekurangan gizi dan daya tahan tubuh yang menurun atau buruk atau juga dengan terus-menerus menghirup udara yang menghirup udara yang di dalamnya mengandung kuman Tbc yang di akibatkan oleh kondisi lingkungan yang buruk, tentunya akan sangat mudah untuk terinfeksi gejala penyakit Tbc yang tertidur di dalam tubuh akan dapat aktif kembali.

Infeksi penyakit Tbc yang paling sering ditemukan, yaitu pada bagian paru-paru, akan sering muncul tanpa disertai dengan gejala penyakit tbc yang khas seperti hanya mengalami batuk-batuk ringan yang sering di abaikan sehingga akan sangat mudah untuk menularkan kuman Tbc kepada orang lain dan kemudian kuman Tbc akan terus menerus merusak jaringan paru hingga menimbulkan gejala tbc yang sangat khas saat penyakitnya sudah cukup parah.

Itulah sekilas penjelasan tentang gejala tbc yang pada umumnya sering di alami oleh penderita penyakit Tbc, dengan anda mengetahui penyebab dan gejala tbc di harapkan untuk lebih berhati-hati jika berada di lingkungan sekitar orang yang mengalami gejala tbc atau penyakit tbc tersebut.


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala TBC and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *